Friday, April 19, 2013

Langkah awal merintis sebuah BISNIS

Bisnis... siapa diantara kita yang tidak ingin mempunyai  bisnis sendiri ? saya rasa tidak ada. Dengan mempunyai bisnis sendiri kita dapat mencapai kebebasan finasial, bebas mengatur jam kerja , tidak ada larangan dari Atasan/Bos dan sebagainya... ya berbisnis merupakan salah satu jalan pintu rejeki.


Dalam sabdanya Rosulullah saja berpesan bahwa " sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu berniaga" . ya bisnis identik dengan jualan. Jualan apa saja barang , jasa, dan sebagainya , namun dalam memulai berbisnis tidak seRta merta kita langsung terjun ada tahapannya. Kalau terjun langsung... nyungsep ntar.
 Pada masa awal merintis bisnis atau pada saat kita ingin memulai bisnis ikuti langkah langkah berikut ini
yang akan sedikit meberikan arahan dalam memulai bisnis.

 tips-tips untuk memulai Langkah awal merintis sebuah BISNIS:

Mimpi
langkah awal memulai bisnis itu semua berawal dari MIMPI / IMPIAN. seseorang mempunyai impian itu adalah hak .jadi bermimpilah karena Tuhan aja tidak melarang kita untuk bermimpi. So... biarkan saja orang yang meremehkan impian kita.toh impian kita tidak akan membawa kerugian bagi mereka.

Rencana Matang
jika gambaran sudah ada mimpi sudah ada kita membuat rencana untuk merealisaikanyya konsepnya.jenisnya.. dan apa saja yang diperlukan.buatlah rencana -rencana kedepannya untuk mewujudkan dan jangan lupa menulis setiap rencana itu secara beruntun.

Survey
cari tahu potensi pasar dan pelajari bidang yang ingin kita tekuni sebagai bisnis.pelajari peluang , hambatan dan persoalan apa saja yang bisa terjadi.survey dengan menganalisis teknik SWOT yaitu teknik menganalisa keluatan kelemahan peluang dan ancaman.

Tindakan
langkah selanjutnya BERTINDAK,sesegera mungkin bertindak .karena sebesar apaun perusahaan atau kesuksesan bisnis itu bermula dari sebauah TINDAKAN KECIL yang positif.yang berkembang seiring berjalannya waktu.kesuksesan tidak langsung terjadi.butuh proses butuh tindakan tindaan yang berkesinambungan.dan konsisten mepelajari dan introspeksi ke arah yang lebih baik.

Tekun
langkah ini sangat penting ,tetap bersabar dan menyelesaikan setiap persoalan yang ada.jangan cepat  menyerah apabila ada halangan.yakinlah  akan ada jlan keluarnya.tekun inilah yang membedakan antara pebisis sejati atau hanya tiru tiru saja. seorang pebisnis harus tekun belejar etekun mempelajari kelemahan.dan tekun menganalisa maslah dan menemukan solusi yang terbaik.tekun dan pantang menyerah.

Profesional
kalo udah berkembang jadilah pebisnis yang PROFESIONAL.harus bisa membedakan antara Profesi dan pribadi.

itulah langkah-langkah yang menurut saya perlu di terapkan dalam merintis sebuah bisnis apapun.apabila da yang mau kritik saran atau mau share selahkan netter tinggalkan komentar dikolom bawah ini.


...................bermimpilah karena Tuhan aja tidak melarang kita untuk bermimpi...................

..............................terima kasih semoga bermanfaat.............................

0 komentar:

Post a Comment