Friday, November 15, 2013

Kriteria dan Sikap Seorang Pemimpin



 
Dewasa ini jarang sekali ada pemimpin sejati yang hebat berkualitas .Sebagian besar yang saya tahu pemimpin di negeri ini jauh dari kriteria pemimpin hebat yang berkualitas yang mementingkan kebutuhan orang orang yang dipimpinnya melainkan mereka hanya memimpin diri sendiri dengan memperkaya diri sendiri sebut saja korupsi. Oleh karena itu bagaimana seharusnya kriteria seorang pemimpin itu ?
sebelum ke pembahasan kriteria pemimpin ,terlebih dahulu kita tengok siapa siapa yang menjadi panutan sebagai pemimpin sejati.

Contoh-contoh pemimpin yang hebat yang saya ketahui dan saya kagumi :
  1. Nabi Muhammad SAW. Beliau ini tidak perlu diragukan lagi kharismatiknya sebagai seorang pemimpin terkenal sampai penjuru dunia.
  2. Umar bin Khattab. Umar merupakan salah satu khulafaurrasyidin yang sangat saya kagumi gaya kepemimpinanya yang tegas .
  3. Umar bin Abdul Aziz . Umar yang satu ini juga memiliki kredibilitas pemimpin yang sangat mengerti benar peran seorang pemimpin ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Beliau bahkan ketika diangkat menjadi Khalifah sangat resah dan takut tidak dapat memikul beban seorang pemimpin.
Contoh diatas hanyalah beberapa pemimpin Islam hebat yang saya ketahui .Sebenarnya masih banyak lagi pemimpi hebat di Dunia ini dan di Tanah Air kita ini , tetapi saya kurang paham dan kurang tau yang lainnya jadi cukup 3 saja yang saya tulis.

Kebetulan saya tadi dengar ulasan singkat mengenai pemimpin yang hebat.pemimpin yang hebat itu paling tidak harus memiliki kriteria dibawah ini:
  1. Memiliki keunggulan atau punya karakter.
  2. Memiliki kemampuan merangkul ,orang-orang yang dipimpinnya.
  3. Dapat melakukan perUBAHan.
dalam kata UBAH yang saya tekankan diatas memiliki beberapa makna , yaitu :

U =Upaya
B = Berani
A = Antusias
H = Hebat

Upaya
artinya disini adalah berusaha atau berikhtiar.seorang pemimpin wajib melakukan upaya upaya dan dengan terobosan terbaru pendekatan terbaru guna mewujudkan ketentraman dan kesejahteraan di lingkungan yang dipimpinnya.

Berani
ya iyalah seorang pemimpin harus berani bertanggung jawab, berani mengambil keputusan,berani ambil resiko,berani mengatur dan memperingatkan apabila ada kesalahan.

Antusias
pemimpin harus antusias sepenuh hati mengerahkan segala daya dan upaya yang dimiliknya agar hasil yang didapat bisa semaksimal mungkin mensejahterakan rakyanya.tidak boleh setengah-setengah, setengah hati dalam menggambil keputusan.harus bertekad bulat, yakin .

Hebat
hebat disini tidak melulu identik dengan kekuatan kehebatan fisik , akan tetapi kehebatan berfikir,kehebatan menganalisa masalah, hebat memberikan solusi permasalahan,kehebatan mampu merangkul rakyat dan mampu memimpin dengan bijaksana.

Jadi pemimpin hebat yaitu pemimpin yang berani melakukan upaya-upaya atau langkah-langkah dengan cara dan pendekatan yang bebeda dengan semangat dan antusias jiwa dan hati niraninya yang dapat memimpin diri sendiri dan orang lain secara seimbang.

0 komentar:

Post a Comment