Saturday, June 6, 2015

Pentingnya Pengembangan Hardskill dan Softskill Bagi Mahasiswa


Sebagai seorang mahasiswa yang aktif dan dinamis pastinya tidak akan terpengaruh oleh rutinitas kampus yang monoton. Kenapa monoton ? ya karena kehidupannya hanya  seputar kampus dan tempat inggal ( entah kost, kontrakan atau rumah ). sudah ga jamannya bukan ? ya....

Saat ini mahasiswa dituntut untuk memiliki hardskill dan softskill  yang mumpuni untuk kedepannya dapat bersaing di dunia kerja atau di dunia usaha... hidup itu penuh persaingan tinggal kita  menentukan bagaimana menyikapi semuanya . Apakah persaingan dianggap sebagai beban ataukah sebagai tantangan kita.

Tantangan seorang mahasiswa
ini berat karena ditangan para mahasiswa ini kelak sebagai penerus bangsa apakah mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia tercinta ini. Di tangan para mahasiswa sebagai calon ilmuwan muda indonesia diharapkan dapat mampu mengembangkan teknologi dan pendidikan di indonesia.

Akan tetapi sebuah ilmu tidak akan berguna bagi empunya jikalau memiliki tabiat yang kurang baik. Oleh karena itu, pengembangan ketrampilan hardskill dan softskill ini mutlak diperlukan sebagai bekal dan benteng dalam diri tiap manusia.

Apa itu softskill ?

Menurut wikipedia... ( ane terjemahkan pake bing translator )...intinya softskill sering dikaitkan dengan "EQ" (EmotionalIntelligence Quotient),  merupakan ciri-ciri kepribadian, jiwa sosial, komunikasi, bahasa,kebiasaan pribadi, keterampilan interpersonal, mengelola orang, kepemimpinan, dll yang mencirikan hubungan dengan orang lain. seseorang yang memiliki ketrampilan softskill ini sangat berkontribusi dalam keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan  karena perusahaan membutuhkan orang yang terampil dalam menghormati ,menghargai, pelanggan dengan pelayanan yang prima.

Apa itu hardskill ?Menurut wikipedia hardskill adalah  penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.Diharapkan mahasiswa memiliki hardskill sesuai dengan jurusan yang diambil dan menguasai bidang yang telah menjadi passion hidupnya .Dengan begitu , saat sudah masuk dunia kerja akan menjadi pekerja yang profesional atau kalau mau berwiraswasta maka jadilah wiraswasta yang profesional juga.

Kedua ketrampilan ini mutlak harus dimiliki dan dikembangkan . karena akan sangat bermanfaat kelak.sekian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment